• my image Fasilitator PNPM Tuntut Kemenko (Kesra) Agung Laksono
    Sedikitnya 50 orang fasilitator Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan asal Jakarta dan Banten mendatangi kantor Kementerian Koordinator Kesejahteraan Sosial (Kemenko Kesra), Rabu (16/11), menuntut haknya. Para fasilitator dari Forum Komunikasi Fasilitator (FKK) PNPM itu mengenakan seragam PNPM, membawa
  • some image Langkah Awal Workshop Penyusunan Modul RBM PNPM-MPd Tana Toraja
    Hari ini, Sabtu 19 November 2011, bertempat di Aula Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa/Lembang Kab. Tana Toraja, Ruang Belajar Masyarakat (RBM) PNPM-MPd Kabupaten Tana Toraja menyelenggarakan Konsolidasi kegiatan Workshop Penyusunan Modul Ruang Belajar Masyarakat. Kegiatan awal penyusunan modul ini dihadiri oleh seluruh

Jumat, 15 April 2011

UPK PNPM Bisa Untuk Antisipasi Jeratan Renternir Dan Ijon

Sejak tahun 1999 sampai tahun 2010, perguliran modal dana PNPM Mandiri Perdesaan di Kabupaten Wonogiri telah terakumulasi menjadi Rp.42.089.641.746 yang tersebar di 23 Kecamatan se-Wonogiri.

Sampai Maret lalu, perkembangan dananya mencapai Rp.57.440.237.496, atau laba sebesar Rp.15.350.595.750. Seperti dilaporkan Kepala Bapermas Kabupaten Wonogiri Semedi Budi Wibowo, SH saat mendampingi Bupati Wonogiri meresmikan gedung Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PNPM-MPd di Nguntoronadi, Kamis (14/4). UPK merupakanorgan PNPM-MPd yang dalam perkembangannya menjadi lembaga pengelola micro finance tanpa meninggalkan tugas pokoknya yaitu sebagai pengendali PNPM Mandiri Perdesaan di tingkat Kecamatan.

Khusus untuk tahun 2010, laba UPK mencapai Rp 6.347.259.939. Jumlah tersebut didapat melalui Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dan Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPKP) yang berjumlah 687 kelompok atau 6.870 orang. ”Sistem perguliran dana model tanggung renteng dalam satu kelompok usaha seperti yang dikembangkan PNPM ini telah mampu meningkatkan disiplin masyarakat dalam mengelola perkreditan.

Sekaligus mampu meningkatkan produktivitas dan pemberdayaan ekonomi masyarakat,” jelas Semedi. Laba dana perguliran tahun 2010, disebut Semedi, selain untuk penguatan modal dan kelembagaan, juga dimanfaatkan untuk pemberdayaan keluarga miskin yang meliputi pemberian kambing sejumlah 1.700 ekor dan pemugaran 150 rumah tidak layak huni. Sementara Bupati Danar Rahmanto sangat menyayangkan jika dalam kondisi akumumulasi dana di UPK tersedia banyak, tapi masih terjadi praktik rentenir dan sistem ijon dimasyarakat.

Bupati mengharuskan agar UPK yang bersegmentasi masyarakat miskin harus menjadi jalan keluar bagi masyarakat agar tidak terjerat utang piutang model rentenir dan ijon. ”UPK harus berani menyiasti strategi perguliran dana dengan suku bunga tidak lebih dari 1%, tanpa agunan dan cepat. Inovatif, tidak harus bulanan, mampu melayani jangka pendek maupun panjang sesuai kesepakatan,” harap Bupati.



Sumber : http://www.infowonogiri.com

Artikel Umum